Monday 23 June 2014

Tips Agar Tubuh Sehat Dan Bugar Saat Berpuasa Di Bulan Ramadhan


Sebentar lagi kita akan menghadapi bulan suci Ramadhan dimana pada bulan itu umat islam di seluruh dunia wajib melaksanakan ibadah puasa yaitu menahan diri dari haus dan lapar, nah ketika menjalankan ibadah puasa, tubuh kita tak mendapatkan pasokan makanan dan minuman selama sekitar 14 jam,dalam keadaan tersebut, sistem metabolisme tubuh pun melambat,saat itu pasti kondisi tubuh kita akan merasa lemas dan letih.

Bagi anda yang ingin menjalankan ibadah puasa yang merupakan rukun islam yang ketiga dan tidak ingin terganggu dengan badan letih lemas dan lesu, disini kami akan coba berikan Tips Agar Tubuh Tetap Sehat Dan Bugar Saat Berpuasa

Berikut mari kita simak Tips Sehat Dan Bugar Saat Puasa Ramadhan yang mudah mudahan bermanfaat bagi kita sebagai umat muslim agar kita dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar:

  • Pada saat sahur dan berbuka puasa kita usahakan makanan yang kita hidangkan minimal harus ada salah satu jenis makanan dari empat kelompok makanan,yaitu makanan pokok (beras,jagung,roti,ubi) yang mengandung banyak karbohidrat.

  • Khusus saat buka puasa, kita harus dahulukan berbuka dengan minum air putih dan makanan yang manis manis dari buah buahan seperti kurma tomat dan lain-lain. gunanya untuk mengembalikan atau meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh yang sempat berkurang saat berpuasa.

  • Kita harus menghindari mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak baik saat sahur maupun saat berbuka.

  • Saat berpuasa usahakan jangan terlalu banyak menyantap makanan terlalu asin saat berbuka dan sahur karena makanan yang terlalu asin akan menyebabkan tubuh kita mudah dehidrasi.

  • Hindari minuman beralkohol selain diharamkan agama alkohol juga sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh kita, perbanyaklah minum air putih saat sahur dan buka minimal 8 gelas.

  • Lakukan aktivitas fisik seperti jogging dan bersepeda yang tidak terlalu menguras tenaga sehingga dapat menjaga kondisi tubuh.

  • Jangan stres saat berpuasa.karena rasa stres akan mempengaruhi kondisi tubuh dan fikiran kita untuk mengatasinya banyak banyak memperdalam ilmu agama sebab di bulan puasa banyak sekali pengajian pengajian.

  • Hindari asap rokok,karena asap rokok sangat membahayakan diri dan orang orang sekitar kita sehingga untuk para perokok bulan puasa cocok untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut.

Itulah Tips Supaya Badan Sehat Dan Bugar Saat Berpuasa,semoga artikel diatas bermanfaat bagi kita semua.

No comments:

Post a Comment